Senin, 06 Februari 2012

= MASALAH GANGGUAN KENCING =

Tanya: Bagaimana tentang tanda awal sakit ginjal, dokter? Mohon diberi penjelasan oleh karena banyak teman teman saya disamping saya sendiri ingin untuk mengetahuinya.
Jawab:
Selain sakit pinggang, keluhan gangguan kencing paling sering menyebabkan penderita terganggu. Dalam garis besar gangguan kencing dapat dibagi dalam 3 kelompok besar, yaitu:
(1) perubahan kebiasaan kencing; (2) perubahan warna kencing dan (3) perubahan jumlah kencing.

Tanya: Apa yang dokter maksudkan dengan perubahan kebiasaan kencing, dokter?
Jawab:
Akan saya uraikan perubahan kebiasaan kencing sebagai tanda awal dari sakit ginjal. Perubahan kebiasaan kencing ada beberapa macam, misalnya:

a. kencing sakit. Keluhan ini menandakan adanya kelainan disaluran kencing bawah, yaitu daerah kandung kemih (=buli-buli) atau ureter bawah atau uretra. Kencing sakit dapat terjadi pada saat mulai kencing atau sesudah habis kencing. Pada infeksi kandung kemih kencing keluarnya dapat normal akan tetapi terasa sakit setelah habis kencing atau kencing keluar sedikit-sedikit disertai rasa sakit; batu diureter bawah atau kelainan alat kelamin dalam pada wanita dapat menyebabkan rasa sakit yang sama.

b. susah keluar kencing atau kencing menetes. Kalau sampai tidak dapat kencing sama sekali dan kandung kemih penuh, berarti ada sumbatan dikandung kemih atau uretra (mis. karena batu, infeksi atau pembesaran kelenjar prostat pada pria) atau kelemahan otot buli buli sehingga tidak kuat untuk memeras kencing keluar (mis. kelainan buli nerogenik pada diabetes). Yang khas untuk batu dikandung kemih adalah kencing yang tadinya keluar lancar mendadak stop; setelah bergerak atau berubah posisi tubuh kencing keluar lagi dengan lancar.
http://my.opera.com/profmade/blog/show.dml/4398609

Tidak ada komentar:

Posting Komentar